Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

pengertian software dan macam-macam software



Nah ini adalah postingan perdana saya, pada kesempatan kali ini saya akan menerangkan tentang pengertian software dan macam-macam software itu sendiri , langsung saja cekidoootttt  !!!

Pengertian software secara harfiah adalah piranti lunak perangkat lunak program komputer. Istilah baku software dalam bahasa Indonesia adalah perangkat lunak. Software adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komuter dalam menjalankan pekerjaanya. Software (perangkat lunak) ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Selain itu, software juga merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri. Data yang disimpan ini dapat berupa program atau intruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. pengolahan pada software ini melibatkan beberapa hal, di antaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.
software ini di buat untuk mempermuadah kegiatan manusia,seperti software pengolah huruf seperti microsoft word dan software pengolah angka seperti microsoft excel dll.
maka sekiranya fungsi sofware adalah :
Fungsi software Komputer
Software komputer itu apa ? software komputer adalah salah satu elemen penting dari komputer setelah hardware komputer. Software komputer juga dapat membantu para pengguna komputer untuk mengenal komputer Anda.
Ada beberapa jenis software komputer yang harus Anda ketahui, berikut software – software tersebut :
1.Operating sistem – software yang merupakan sumber dari software lainnya yang dapat mengijinkan software lainnya untuk berjalan. Contoh dari software operating sistem ini adalah Window Vista, Mac OS X dan Linux
2. Software Driver – Program in mengijinkan komputer untuk dapat berinteraksi dengan perangkat hardware tambahan seperti printer, scanner, dan video cards.
3. MLM Software – software mlm ini dapat membantu dan mempermudah pebinsis mlm untuk mengatur, mengontrol dan memantau bisnis mlm. Contoh dari software ini adalah strategic management report
4. Software Pendidikan – berbeda dengan jenis program sebelumnya, software pendidikan ini dapat mengajarkan apapun dari komputer, melakukan aktifitas yang berhubungan seperti mengetik atau berbagai macam jenis pendidikan lainnya seperti kimia.
5. Software Produktifitas – Jenis software ini mengijinkan pengguna untuk lebih produktif baik itu dalam menjalankan bisnis atau menjalankan aktifitas produktif lainnya. Contoh dari software ini adalah software pengolah huruf (Ms Words), Software pengatur database, software presentasi dan beberapa software lainnya.
6. Software Games - Jenis software ini termasuk dalam kategori entertainment atau hiburan, software ini memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis tersebut seperti MMOs (Massive Multiplayer Online games), first-person shooters, action games, roleplaying games, and game petualangan.
7. Media player dan pengembangan software media lainnya Software yang dibuat untuk dapat memainkan atau mengedit media digital seperti file music atau video.
Software adalah kumpulan dari program-program dan data-data yang saling terelasi yang memerintahkan apa yang harus dilakukan komputer. Software mengandung fungsi-fungsi, baik yang menginstruksikan hardware atau yang mengolah dan menyediakan fasilitas untuk software lainnya. Berikut adalah beberapa jenis-jenis software secara umum dan penjelasannya.
1. System Software
System software menyediakan fungsi-fungsi dasar untuk kebutuhan komputer, yang bisa dibagi menjadi sistem operasi atau sistem pendukung. Sistem operasi adalah sebuah software yang paling mendasar, yang membantu menjalankan hardware komputer dan sistem pendukung.
System software bertanggung jawab mengatur berbagai hardware agar dapat bekerja secara bersama-sama. Sehingga para pengguna dan software yang lain tidak perlu memikirkan bagaimana hardware bekerja.
Tugas utama lain dari system software adalah menjembatani antara software-software yang lain dengan hardware. System software menerjemahkan intruksi-instruksi dari software lain ke dalam bahasa mesin sehingga dapat diterima oleh hardware.
Termasuk juga aksesoris pendukung seperti web cam, flashdisk, printer, dan lain-lain supaya bisa berjalan dengan stabil. System software adalah software yang berada pada level paling bawah di mana bahasa yang digunakan ada assembler (bahasa mesin). Contoh dari system software adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS X.

2. Programming Software (Software Pemrograman)
Software pemrograman biasanya dipakai untuk memudahkan para pembuat program (programmer) untuk menulis program yang kemudian dibentuk menjadi sebuah obyek yang bisa diakses oleh system software dalam bentuk aplikasi.
Software pemrograman berbentuk lebih ke instruksi langsung terhadap system software. Berbagai macam software pemrograman digunakan dan bermacam pula varian dari algoritma masing-masing software pemrograman.
Dalam hal ini software pemrograman adalah software yang berada pada level tengah. Contohnya seperti Visual Studio, Gambas, Delphi, C++ dll.

3. Application Software (Software Aplikasi)
System software tidak mengarah langsung ke sebuah kebutuhan. Atau lebih jelasnya, software aplikasi menawarkan berbagai fungsi-fungsi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pengguna dan dimana aplikasi tersebut dibutuhkan.
Software aplikasi dibangun untuk sebuah tujuan atau keperluan yang bisa berupa program khusus atau berbagai kumpulan dari program-program.
Software aplikasi menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk menginstruksikan tugas-tugas dalam bentuk yang lebih sederhana, artinya bukan dalam bentuk pemrograman.
Jadi bisa dikatakan bahwa software aplikasi adalah lapisan antarmuka terakhir antara komputer dan pengguna maka software aplikasi berada pada tingkatan teratas dari tipe-tipe software.
Contoh dari software aplikasi adalah browser internet, aplikasi bisnis, aplikasi perkantoran, editor kata dan gambar, dan lain-lain.

Fungsi System sofware
System software menyediakan fungsi-fungsi dasar untuk kebutuhan komputer, yang bisa dibagi menjadi sistem operasi atau sistem pendukung. Sistem operasi adalah sebuah software yang paling mendasar, yang membantu menjalankan hardware komputer dan sistem pendukung.
System software bertanggung jawab mengatur berbagai hardware agar dapat bekerja secara bersama-sama. Sehingga para pengguna dansoftware yang lain tidak perlu memikirkan bagaimana hardware bekerja.
Tugas utama lain dari system software adalah menjembatani antarasoftware-software yang lain dengan hardware. System software menerjemahkan intruksi-instruksi dari software lain ke dalam bahasa mesin sehingga dapat diterima oleh hardware.
Termasuk juga aksesoris pendukung seperti web cam, flashdisk,printer, dan lain-lain supaya bisa berjalan dengan stabil. System software adalah software yang berada pada level paling bawah di mana bahasa yang digunakan ada assembler (bahasa mesin). Contoh darisystem software adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS X.

Memahami Pengertian software Aplikasi
yaitu suatu program komputer yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas khusus, seperti membuat dokumen, memanipulasi foto, membuat laporan keuangan, atau merancang rumah.
Pengertian software aplikasi tidak lepas dari beberapa macam program pembangunnya, yaitu terdiri dari software hiburan, pendidikan, bisnis, perangkat lunak khusus, serta produktivitas kerja.
Perangkat lunak penunjang produktivitas kerja memberikan peranan yang sangat bermanfaat untuk optimalisasi mutu kerja.

Seluk Beluk Software Aplikasi
Berikut beberapa jenis perangkat lunak yang terdapat di pasaran untuk aplikasi komputer.
Perangkat lunak hiburan. Beberapa contoh dari software ini, yaitu winamp untuk mendengarkan musik, games, dan sebagainya untuk hiburan.
Perangkat lunak pendidikan. Berguna untuk mempelajari atau mereferensikan tentang pendidikan atau pengetahuan.
Perangkat lunak bisnis. Software ini berguna untuk aplikasi bisnis, contohnya untuk menangani utang piutang, pencatatan barang, dan sebagainya.

Pengertian software aplikasi pada software produktivitas kerja adalah sebagai berikut:
Word processing
Word processing disebut juga pengolah kata untuk membuat dokumen. Berguna untuk memformat teks sehingga teks lebih rapi, misalnya rata kanan-kiri dan sebagainya.
Gramer checker digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan tata bahasa. Thesaurus adalah untuk mencari padanan kata.

Spreadsheet
Spreadsheet berupa sekumpulan sel yang khas. Setiap sel terdiri dari nama baris dinyatakan dengan angka dan nama kolom dinyatakan dengan huruf.
Beberapa contoh nama spreadsheet, yaitu Claris Resolve dari Claris Corporation, excel dari Microsoft, lotus 1-2-3 dari Lotus. Development Corporation, QuatroPro dari Novel Corporation, StarOffice Calc dari Sun Microsystems.

Desktop Publishing
Biasanya digunakan untuk mencetak kartu undangan. Cocok sekali bagi yang ingin membuka usaha percetakan, karena ia bisa menggabungkan metode dari perangkat lunak yang lain.
Contoh nama dari program desktop publishing, yaitu corel draw, frame maker, indesign, ventura, dan lain-lain.

Presentasi Grafik
Software ini biasanya digunakan untuk membuat bahan presentasi grafik sehingga pembuatan bahan presentasi mudah dan cepat. Anda juga bisa menambahkan fitur-fitur penambah cantiknya bahan presentasi Anda.
Contoh aplikasi ini adalah dengan menambahkan gambar animasi atau bahkan menambahkan video untuk ditayangkan guna memperjelas bahan presentasi. Contoh nama software ini adalah StarOffice Impress, FreeLance Grafics, Power Point, dan lain-lain.

Komunikasi
Software ini berfungsi untuk berkomunikasi antar orang melalui e-mail (electronic-mail), atau disebut juga dengan surat elektronik. Beberapa contoh nama software email ini adalah Perfect Office, Kmail, OutLook Express, Netscape messenger, dan lain-lain.

Personal Information Manager (PIM)
PIM sangat berguna untuk mengelola informasi pribadi, seperti tugas, jadwal, rekanan atau klien dan juga keuangan. Beberapa contoh dari software ini adalah commence, computer organizer, lotus organizer, Microsoft outlook.

Manajemen Data
Software manajemen data disebut juga dengan DBMS (Database Management System). DBMS berguna untuk mencatat, memanipulasi, dan mengambil data agar lebih cepat dan tepat.
Beberapa contoh nama DBMS, yaitu access dari Microsoft Corporation, paradox, visual Dbase, visual express, dan visual foxpro. DBMS memiliki fitur yang canggih sekali, misalnya mampu menyediakan fasilitas keamanan bagi pengakses yang tidak berwewenang.





BRAINWARE
Segi Brainware yaitu segi manusia yang menangani atau menggunakan komputer ini. Adapun tingkatan pamakai komputer dapat kita kelompokkan ke dalam bagian dari Struktur Electronic Data Processing (EDP) dari sebuah organisasi/ perusahaan.

Perusahaan-perusahaan besar biasanya mempunyai struktur departemen Electronic Data Processing (EDP) yang berbeda satu sama lain. Penentuan posisi bagian EDP di dalam struktur perusahaan sangat penting karena letak dari EDP akan sangat menentukan pemrosesan data yang dilakukan. Posisi EDP perusahaan produksi (seperti pada pabrik-pabrik) akan berbe­da dengan posisi perusahaan finansial (seperti pada bank). Jika perusahaan yang sebagian besar waktu komputer digunakan untuk memroses data-data finansial, kegiatan EDP biasanya terletak pada sub-system Akuntansi, karena Akuntansi adalah pusat pencatatan kegiatan finansial.

Struktur Bagian EDP

Sub-sistem EDP terbagi atas beberapa jenjang posisi. Masing-masing jenjang mempunyai tugas sendiri-sendiri, teta­pi saling berinteraksi satu sama lain. Dari seluruh struktur organisasi, sebenarnya hanya sub-sistem EDP ini saja yang mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di dalam sistem kom­puter. Dari sub-sistem EDP inipun, hanya beberapa orang saja yang mengetahui cara kerja sistem operasi komputer.

1. System Analyst

Bertugas menentukan kebutuhan pemakai, menganalisa dan mendisain sistem baru. System analyst membantu pemakai atau manajer dalam menentukan output apa yang harus dihasilkan dan merencanakan kebutuhan-kebutuhan untuk mengembangkan programnya. Kemudian, system analyst bekerja dengan dengan programmer dalam menulis program. Interaksi antara pemakai, system analyst dan programmer sangat penting. Interaksi ini dapat dianalogikan dengan pembangunan sebuah rumah. Pemakai dapat diumpamakan sebagai pembeli rumah, mengutarakan ciri-ciri rumah yang dicarinya. System analyst, seperti seorang arsitek, mendisain rencana pembuatan rumah, sedangkan programmer seperti seorang kontraktor yang membangun rumah. System Analyst harus dapat berkomunikasi dengan programmer dan pemakai supaya dapat mendisain aplikasi yang benar. Seorang system analyst harus mempunyai kemampuan manajemen dan komputer sekaligus, karena ia harus berhubungan dengan manajer atau pembuat keputusan di dalam perusahaan.

2. Programmer
Bertanggung jawab dalam mengembangkan rencana yang diberikan system analyst dan menulis programnya. Programmer juga terlibat dalam membuat flowchart, mengetest sistem komputer, dan membuat dokumentasinya. Pada umumnya, programmer yang bekerja pada perusahaan besar mempunyai latar belakang pendidikan komputer, seperti sarjana komputer lulusan universitas/akademi.

3. System Operator

Tugas utama dari system operator adalah mengoperasikan dan menjalankan semua peralatan yang berhubungan dengan sistem komputer perusahaan. Biasanya, system operator adalah lulusan sekolah teknik yang setingkat SMA, kursus-kursus komputer, ataupun sarjana muda komputer dari sebuah Akademi.


4. Data Entry Operator

Tugas utama dari data entry operator adalah memasukkan data ke dalam komputer dengan standar tertentu, sehingga data ini nantinya dapat diproses. Latar belakang Pendidikan yang dibutuhkan oleh seseorang untuk menjadi data entry operator adalah lulusan sekolah teknik, kursus komputer, atau akademi komputer.

Untuk memanfaatkan jasa Komputer, pemakal tidak perlu menguasai teknik pembuatan dan seluk beluk teknis dari isi komputer. Pemakai hanya dituntut untuk menguasai atau paling sedikit mengerti salah satu dari paket aplikasi software yang dimengerti oleh komputer. Misalnya Ms-DOS, WordStar, LOTUS, dsb. Walaupun demikian, alangkah baiknya bila pemakai computer mengetahui sedikit tentang komputer itu sendiri. Disamping untuk menambah pengetahuan, juga tidak kalah pentingnya didalam membantu penerapan logika program yang dibuat.

Terima kasih telah membaca artikel tentang pengertian software dan macam-macam software di blog Pengetahuan Komputer jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

1 komentar :

Very Interesting blog. Keep posting...... For best MLM Software Visit MLM Software

Balas